Berita

Info dan Media / Berita

4 Cara Rawat Ban Motor Dirumah

Berita

Motor yang menganggur di rumah selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pandemi Covid-19, bukan berarti tak butuh perawatan. Enggak cuman soal mesin loh, tapi ban motor juga perlu dirawat. Mekanik Zila Motor, Ucok Sihaan menjelaskan tujuan merawat ban untuk menjaga keawetan material karetnya "Sehingga pada saat kembali digunakan, ban masih dalam kondisi yang baik," katanya kepada Motor Plus, Minggu (27/04/2020). Motor Plus punya tips sederhana untuk merawat ban sendiri dirumah, yuk simak penjelasannya.

1. Cek Tekanan Angin
Ban pada dasarnya punya pori-pori yang tak kasat mata. Ban kendaraan yang jarang digunakan akan membuat tekanan angin di dalamnya akan berkurang meski tak ada tanda-tanda kebocoran.

2. Singkirkan Benda Asing Pada Ban
Cek kondisi permukaan dan alur ban, apakah ada benda asing yang bisa merusak lapisan kompon atau tidak. Contoh mudahnya seperti kerikil kecil yang terselip di antara alur ban. Jika tidak dibersihkan dan suatu momen kendaraan ingin digunakan kerikil tadi akan terus tertanam dan bisa saja membuat lubang pada ban. Ini akan mengurangi umur pakai si ban.

3. Gunakan Standar Dua
Langkah ini punya tujuan agar ban tak bersentuhan langsung dengan aspal atau lantai. Sebab ban sepeda motor yang menempel pada lantai dalam durasi yang lama akan mengurangi kualitas dan tekanan angin akan berkurang.

4. Bersihkan dan Semir
Hal terakhir yang harus dilakukan adalah mencuci ban. Kemudian keringkan dan tak ada salahnya untuk anda semir. Menyemir ban punya tujuan mencegah adanya retakan pada dinding ban. Disarankan menggunakan semir khusus ban dan selektif memilih semir ban yang bagus.

Sumber: MOTOR Plus-Online.com