Berita

Info dan Media / Berita

Mau Pasang Ban Baru, Teliti Dulu Tahun Pembuatannya!

Berita

Memberikan kesan baru pada sepeda motor bisa diawali dengan mengganti ban baru. Selain membuat motor jadi lebih segar, dengan ban baru berkendara bisa lebih aman dan nyaman.

Saat akan memilih ban baru, jangan hanya melihat dari segi corak dan merek saja, tapi pengguna motor juga wajib melirik kode tahun produksi ban yang akan digunakan. Hal ini cukup penting, karena terkait dengan masalah kualitas ketika digunakan.

"Kebanyakan orang tidak memperhatikan tahun pembuatan, asal masih terbungkus baru langsung tunjuk saja. Tahun pembuatan biasanya tertera di dinding ban, ini menjadi informasi mengenai umurnya," ujar Sandi, pegawai Planet Ban Lenteng Agung kepada Otomania, Kamis (7/1/2016).

Menurutnya, untuk membaca umur ban tidak susah karena bisa dilihat langsung dari kode yang tertera. Misalkan ban dengan kode 0814, angka 08 menandakan bulan dan 14 adalah tahunnya. Dengan begitu bisa diketahui bahwa ban yang akan digunakan merupakan produksi tahun 2014 pada bulan Agustus.

"Untuk menghindari adanya masalah, sebisa mungkin jangan gunakan ban yang umurnya sudah lebih dari setahun. Biasanya akan ditawarkan dengan harga yang miring, tapi lebih baik cari yang tahun-tahun muda saja karena kualitas karetnya masih bagus," ujar Sandi. (*)

Sumber: TRIBUNJATENG.COM