Berita

Info dan Media / Berita

Saat Lampu Merah, Pilih Rem Kaki atau Rem Tangan?

Berita

Berkendara penuh konsentrasi dan memikirkan faktor kemanan merupakan pedoman berkendara yang harus dilakukan oleh pengemudi. Tidak hanya pada saat mobil berjalan, namun juga ketika berhenti di lampu merah.
Saat berhenti di lampu merah, ada beberapa cara yang dilakukan oleh pengemudi untuk menghentikan laju kendaraannya. Sebagian pengemudi menggunakan rem kaki dan ada juga yang menggunakan rem tangan (handbrake) untuk menahan mobil.
Kedua cara tersebut memang bertujuan untuk menghentikan laju kendaraan. Namun jika dilihat dari sisi keamanan, ternyata kedua cara ini memiliki tingkat keamanan berbeda. Director Training The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, ketika berhenti di lampu merah sebaiknya pengemudi menggunakan fitur parking brake atau menggunakan rem tangan.
“Saat berhenti di lampu merah sebaiknya menggunakan parking brake atau hand brake karena jauh lebih aman,” kata Marcell kepada Kompas.com belum lama ini.
Cara ini dinilai lebih aman digunakan pada saat berhenti di lampu merah. Karena pada saat berhenti, pengemudi bisa saja terdistraksi dengan hal lain yang membuat pengemudi tidak fokus atau kurang konsentrasi.

Dengan adanya distraksi tersebut, pengemudi bisa saja secara tidak sengaja atau tidak sadar melepaskan kaki dari pedal rem. Hal ini tentu saja membahayakan bagi pengemudi maupun pengendara di sekitarnya.

“Saat berhenti di lampu merah ada kemungkinan kita terdistraksi dan tanpa sadar melepas pedal rem,” katanya.
Jika terlepas, tentu saja dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Terlebih, jika pengendara melakukan aktivitas lain selama menunggu lampu merah mati. Misalkan bermain gawai, menelpon atau melakukan kegiatan lain yang bisa mengurangi konsentrasi.
“Banyak kejadian pengemudi terdistraksi karena main handphone saat lamer (lampu merah), sehingga tidak sadar kalau sudah hijau,” kata dia.

Pada saat berhenti di lampu merah, sebaiknya pengemudi tetap berkonsentrasi penuh. Meskipun mobil sudah menggunakan parking brake bukan berarti pengemudi bisa bebas melakukan aktivitas lainnya. “Pengemudi juga harus waspada terhadap kondisi di sekitar, jangan melakukan kegiatan lain selama lampu merah. Sehingga, jika lampu sudah hijau bisa langsung berjalan,” ucap Marcell.

Sumber. Kompas