Berita

Info dan Media / Berita

Tambal Ban Pakai Lem Aibon?

Berita

Buat kondisi darurat, apakah penggunaan lem Aibon aman digunakan sebagai perekat lubang yang bocor di ban motor? Lem Aibon sendiri termasuk salah satu perekat multifungsi yang populer dan banyak tersedia di pasaran. Dalam dunia otomotif, salah satu kegunaannya dari lem ini bisa dipakai untuk menambal ban bocor.

"Memang sebaiknya dipakai dalam keadaan tertentu saja karena hasilnya tidak sebaik tire patch atau tambal cacing sekalipun," ujar Mudi, dari bengkel Dukun Ban, Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Dari segi tekstur, lem Aibon memang terbilang lentur meski dalam keadaan kering sekalipun.

Makanya bisa juga diterapkan untuk menambal ban kendaraan bermotor yang sifatnya juga lentur. "Namun daya tahannya kurang saat ban dalam tekanan dan bakal ada risiko bocor lagi kalau dipakai lama," tambahnya

Hal ini berlaku baik untuk menambal lubang atau robekan di ban dalam ataupun ban luar tipe tubeless di motor. Oleh karena itu, disarankan agar segera tambal ban yang bocor dengan semestinya setelah menggunakan lem tersebut.

"Kalau untuk tambal ban dalam sebetulnya bisa saja, namun harus dipress pakai alat agar kuat merekat," pungkas Mudi.

Sumber: GridOto.com