Berita

Info dan Media / Berita

Ternyata Ada Efek Ke Pelek Dari Pemakaian Cairan Ban Anti Bocor

Berita

Cairan ban anti bocor berfungsi untuk menutup kebocoran jika ban kena paku. Sudah banyak yang menjual cairan ban anti bocor agar ban motor terhindar dari bocor.
Dengan cairan anti bocor saat ban terkena paku maka akan menutup sendiri berkat cairan tersebut. Sehingga bikers tidak perlu takut lagi kempes ban dan mencari tukang tambal ban.
Tanpa dilakukan tambal ban, kebocoran sudah bisa tertutup sendiri dengan adanya cairan ini. Cairan ban juga berfungsi menutup kebocoran alus jika tidak bisa dideteksi dengan air sabun dimana letak bocornya.

Tapi, hati-hati dalam memilih cairan ban karena berisiko fatal. Seperti yang dialami oleh I Made Kurniawan Putra pada Yamaha NMAX miliknya.
Akibat menggunakan cairan anti bocor yang kalah malah peleknya. Setahun lebih setahun lebih menggunakan cairan anti bocor, begitu dibuka udah mengeras jadi kerak di pelek.
Bahkan katanya pelek selain jadi berkerak juga jadi bocor alus.
Tapi, perlu diingat ya, tidak semua cairan anti bocor merusak pelek.

Sebab karena cairan anti bocor ini banyak juga yang terbantu. Berikut pengalaman yang pernah diamali anggota grup YAMAHA NMAX INDONESIA:
Raden Eduardus Alan: Ga pakai nitrogen ya itu
Meront Manson: Pasti angin kompresor
Muhammad Novandry Pahrevi: Bener om, jgn mau pake cairan anti bocor. Soalnya mtr beat ane juga jdi bocor tipis
Thomaz Teguh Khan: Masukkan juga buat saya..untung belum kasih cairan... thanks buat TS tapi klo isi angin always NITROGEN..
Made Kurniawan Putra: oke brother.. pengalaman untuk kedepannya.. untuk tidak menggunakan cairan tsb lagi...

Moga terselesaikan trobelnya bro .. thanks untuk postingannya..moga bisa bermanfaat..
Zen Kasinawa: Tips dari temen...jangan pakai cairan Karena bisa membuat karat…
Januar Arby: Pake cairan kalo ganti ban bau busuk
Raditya Saputra: mirip om hehe
Qiqie Onadio Sandega: pakai soda api rontok kook walau cat terkelupas no problem di dalam ban ko.. yg penting ban anti ranjau dan aman tanpa bocor…
Syafril Budi: Alhamdulilah ga pernah mau pake cairan spt itu udah mahal ditambah efeknya akan jd spti itu, lebih baik tanpa cairan itu toh klo pun bocor kena paku ban tubles masih aman di naikin..
Steven SW: temen2 ane dah banyak yg sharing klo pake cairan ban bakal bikin velg seperti itu...
Danie Ajah: ane 5 tahun aman2 aja om. pake yg merek m-one..
Panas ujan parkir dimana ajah.. tergantung merek sih menurut ane.. dan sangat2 tertolong pas touring jalur malam ga ada tambel ban tinggal cabut puter angin ga keluar lagi..
Diko Aldilah Dirgantoro: Suka parkir di tempat panas nggak Gan? Saya pake juga aman, ngga nyampe kering begitu. Saat ganti ban sama tukang bannya dilap masih bersih velgnya ngga ada karat. Angin pake pompa kaki doang.
Fadhlu Raharja: Dulu pas gnti ban ditawarin cairan murah cuma 15k. Karna saya kepo saya tanyain ke mekaniknya efek samping pake ginian apa eh ternyata bener velg jd berkerak
Akbar Zaidan: Sama juga, akhirnya velg di cat ulang, pengalaman di motor nvl. Akhirnya nmax anti cairan
Ridwan Hendra: Maaf om bukan promosi tapi kalo ganti ban langsung kaya di pondok/planet ban biasanya langsung di bersihin bekas cairan nya pake alat nya kaya gerinda
Ian Rizqi Aulian: Ridwan Hendra betul om, ada juga make cairan semacam tiner.
Ridwan Hendra: Ian Rizqi Aulian iya om pake cairan ya emang ada fungsinya juga si. Pernah ngalamin ketusuk paku gede pas di daerah sepi yg jarang tukang tambal ban.kalo ga di cabut bahaya juga pas nikung2 ganggu banget tapi pas di cabut untung nya langsung ke tutup sama cairan itu jadi ga ngedorong nyari tukang tambal ban
Ian Rizqi Aulian: Padukan cairan dengan nitrogen om, jgn angin biasa suapaya asupan angin didalam tetap dingin tapi yaa tergantung cairanya yg tipe apa, saya motor nmax tahun2016 sampe sekarang aman aja, pernah ganti ban battlax pasdi buka gak pp tuh plek (tergantung cairan) jgn ke giur harga murah,
Iqbal Adiasa: Pernah tuh saya kejadian 2016.. motor saya ban tubeless diisi cairan, pas bocor kena paku besar + kondisi jalan rusak, malem dan hujan. Cairan ga bs perbaikin instan, ban ga bs di tambel, akhirnya ban tubeless pake ban dalem.. besoknya baru ketauan cai…
Pres Jbb Saharjo: Betulll dan klo pas ganti ban tuh cairan bauuuuu
Rifki Puspa Negara: Saya pake cairan setaun pas ganti ban aman aman aja om, always pake nitrogen. Dan kayanya tergantung merk cairannya sendiri
Kristanto V Yongki: ini masalahnya tire sealant yg murah memakai bahan Amonia yg tinggi, apesnya Amonia ini sifatnya asam jd cenderung korosif, ketahuan koq baunya yg tajam, silahkan cari tire sealant punya sepeda yg rendah amonia tp harganya lebih mahal ya

Sumber Gridmotor.id -